SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI KENARI MADIUN, SALAM KICAUMANIA

Jumat, 18 Maret 2011

MERAWAT KENARI YANG SEDANG MABUNG


Kondisi burung saat mabung khususnya kenari memang kerap kali meresahkan. Yang perlu dipahami secara lebih lanjut adalah ciri-ciri dan kondisi burung kenari saat mabung itu sendiri. Secara garis besar kondisi ganti bulu, mabung atau mbodhol membuat si burung lebih banyak diam. Beberapa sumber mengatakan bahwa secara umum ciri ciri kenari mabung adalah sebagai berikut:


1. bulu mulai jatuh atau lepas dari tubuh si burung
2. lebih banyak diam dan jarang sekali bergerak (dengan lincah)
3. burung akan berhenti berkicau atau ngoceh

Untuk mengidentifikasi atau mengetahui kenari tersebut sedang atau akan mabung terdapat cara-cara yang dapat dilihat. Seperti halnya jika bulu mulai kering dan terlihat tua bisa jadi itu tanda-tanda kenari akan mabung. Hal lainnya adalah dari sisi usia, biasanya masa kenari lokal untuk mabung atau ganti bulu berkisar 8-1 tahun sedangkan untuk kenari dengan postur besar bisa mencapai 1-1,5 tahun. Semakin bagus perawatannya maka akan semakin lama seekor burung mencapai usia mabung. Untuk itu diperlukan cara-cara mengatasi atau merawat kenari mabung

1.dikondisikan agar tenang. Bisa juga dikerodong

2.pemberian pakan yang bergizi. Pakan ekstra sangat diperlukan untuk tambahan gizi bahkan multivitamin pun dirasa perlu. Beberapa makanan alami yang mampu memberikan kandungan vitamin yang lengkap meliputi sayuran, buah-buahan, telur dan biji-bijian.

3.beberapa teman menyarankan agar kenari tidak terlalu sering dijemur dan mandi saat sedang mabung. Hal ini dirasa penting karena agar bulu dapat tumbuh dengan baik Dengan kata lain penjemuran seperlunya saja dan jangan terlalu sering dimandikan.

4.jika ingin dilakukan pemasteran, maka sebisa mungkin burung yang sedang mabung tetap mendapat perhatian ekstra karena pada dasarnya kondisi mabung sangat rentan terhadap lingkungan sekitar

5.hindari dari udara bebas yang berlebihan, misalnya saja udara yang terlalu panas atau terlalu dingin. Usahakan juga jangan terlalu sering terkena angin.


Kondisi mabung bagi sebagian orang dijadikan sebagai waktu untuk memaster, secara fisiologi burung lebih banyak diam dan mendengar suara. Itulah alasan utamanya, namun kondisi mabung tetap saja bukan kondisi yang terbilang sangat tepat untuk dimaster karena burung tidak akan mencapai kondisi prima 100% akibat ganti bulu bahkan vitalitasnya pun cenderung menurun.