SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI KENARI MADIUN, SALAM KICAUMANIA

Minggu, 01 Mei 2011

Mengatasi kegemukan pada kenari



Kasih Buah Mentimun Agar Kenari Terbebas Dari Kegemukan

Banyak faktor menjadikan kenari kegemukan. Faktor pertama pada cuaca musim dingin, extrafooding berlebihan dan kurang intensifnya perilaku perawatannya seperti penjemuran. Kegemukan menjadikan kenari takbisa bersuara alias hilang suaranya, hal ini bukan pita suaranya rusak atau lainnya tapi akibat kegemukan yang lemaknya naik dan pernafasannya sempit. Teknisnya untuk membenahi kenari yang hilang suaranya mungkin bisa dicoba dengan pemberian mentimun selama tiga hari dan tidak diberi pakan apapun kecuali mentimun. 

Namun dalam setiap pemberian mentimun, selalu dikontrol karena kebablasan akibatnya jadi fatal dan berujung pada kematian. Pengontrolannya dilakukan untuk melihat lemak yang menempel pada kulit yang terlihat dari luar. Karena bila lemaknya hilang, kulitnya akan merah semua berarti lemaknya sudah terbakar dan hilang. Dalam seminggu sekali, mentimun wajib diberikan untuk menetralisir birahinya, setelah melalui proses 3 hari, pakan biji-bijian mulai diberikan, serta telur puyuh. Jika seminggu sudah terlihat karakternya muncul maka menandakan perlakuan lama tidak berubah. Pasalnya 2-3 minggu burung kenari anda sudah bisa diturunkan kembali ke lomba.

Mungkin bisa juga dicoba dengan memberikan niger seed sebagai pengganti mentimun, tapi bila porsinya terlalu banyak bisa mengakibatkan kenari ganas dan kerontokan bulu. Karena niger seed sebenarnya fungsinya sebagai penghangat tubuh, sedangkan mentimun sebagai alat control seperti ngeruji, sering turun tangkringan saat lomba, dan tidak kalah perlunya untuk mengatasi kegemukan kelau bisa kenari diumbar di kandang umbaran sebab kandang umbaran bisa mengontrol pernafasannya. Untuk umbaran, paling sedikit dilakukan seminggu sekali.

Persiapan Kontes
Untuk mempersiapkan kenari ke lomba cukup memberikan perlakuan lebih extra mulai penjemuran sampai extrafoodingnya. Turun dari jemur diangin-anginkan 10 menit, kenari dimandikan sebelumnya pagi hari dikasih apel, niger seed dan bila perlu kenari yang akan diturunkan ke lomba diasingkan selama 2-3 hari (tidak dipertemukan dengan kenari lain) dengan harapan bisa lebih fighter. Setelah di lokasi lomba, buka kerodong sebelumnya untuk mengenal lingkungan sekitar 15-30 menit. Kemudian dikerodong kembali, kalau perlu di lapangan jangan dimandikan bila cuaca di lapangan tidak panas, bila ditarungkan dalam cuaca yang panas bila perlu dimandikan 2 kali agar lebih fresh. 

Tulisan ini hanya sebuah sharing pengalaman, tidak ada salahnya bila dijadikan sebagai suatu wacana dan bila perlu dicoba oleh para kicau mania, siapa tahu kenari jagoan kicau mania semua bisa berprestasi pasti membanggakan tentunya.

sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar