SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI KENARI MADIUN, SALAM KICAUMANIA

Minggu, 02 Januari 2011

CARA MEMOTONG RING PADA BURUNG


Memotong cincin atau ring burung: cari alat yang tepat dan lebih penting lagi adalah "caranya"


Dalam kondisi tertentu, misalnya kaki burung timbul kerak atau membesar, maka cincin atau ring burung hasil penangkaran akan menimbulkan gangguan yang serius. Oleh karena itu ring seperti itu harus dipotong.



Sementara itu khusus untuk burung kenari yang becincin logam, biasanya juga saya potong. Mengapa? Ring logam akan menyebabkan kenari berjingkat-jingkat ketika dijemur lama karena logam menyerap panas dan membuat kenari kepanasan (padahal kenari adalah pemakan biji yang perlu dijemur relatif lebih lama ketimbang burung non-pemakan biji).


Kadang juga karena ring kedodoran, biasanya saya potong. Jika ring di kaki kenari terlalu longgar, ring atau cincin akan selalu turun dan mendesak/menekan pangkal atas jari2 kenari ke arah bawah dan menyebabkan jari-jari kenari tidak bisa mencengkeram kuat di tangkringan. Akibatnya, dalam jangka panjang bisa membuat burung invalid (cacat).


Dalam memotong cincin atau ring burung ini tidak boleh asal-asalan. Sebab, kecerobohan bisa berakibat fatal pada kaki burung.


Nah, pemotongan cincin atau ring bisa memakai tang pemotong kawat biasa jika ring berbahan logam tipis. Kalau tebal, penggunaan tang tidak akan bisa kecuali kaki burung akan ikut terpotong juga…


Ada teman di forum kicaumania.org mengatakan pemotongan bisa dilakukan menggunakan gergaji besi. Namun, saya tidak yakin kalau ada orang yang pernah melakukannya secara berhasil. Sebab, posisi pemotongan dengan gergaji besi untuk cincin atau ring burung sangat tidak memungkinkan. Lagian, kalau yang dipotong adalah ring yang diproduksi pembuat ring pada umumnya yang biasanya relatif tebal, maka pemotongan pun perlu dilakukan pada dua sisi cincin. Dengan cara itu ring atau cincin nanti akan terbelah jadi dua dan bukan sekadar terbuka-paksa dengan dua tang (prakteknya sulit membuka ring yang hanya terpotong satu bagian meski dengan menggunakan dua tang).


Kalau memang bisa dilakukan dengan cara itu, maka bisa dipastikan ring tersebut tidak dibuat khusus untuk burung hasil penangkaran dan pasti dibuat dari logam lembek (aluminimum misalnya). Nah, memotong ring yang terbuat dari logam lembek tidak perlu digergaji atau dipotong dua bagian. Cukup dengan tang pemotong kawat, bisa putus.


Cara pemotongan
Nah bagaimana memotong cincin atau ring burung yang benar? Alat apa yang digunakan untuk memotong ring? Berdasar pengalaman selama ini, tidak ada alat lain yang seefektif kikir besi untuk memotong logam cincin burung. Tetapi apa pun alatnya, yang lebih penting lagi adalah caranya.


Kalau ring atau cincin burung longgar, tarik ring ke atas dulu, kemudian kaki burung diplester melingkar. Kemudian turunkan ring pada posisi semula (di sebelah luar kaki yang sudah diplester). Setelah itu rekatkan lagi plester di kaki burung pada bagian atas dan bawah ring. Tujuan pemlesteran ini adalah melindungi kaki burung dari kemungkinan kikir meleset ketika digesek-gesekkan nanti.


Jika ring ketat menempel di kaki sehingga tidak menyisakan ruang untuk pemasangan plester di antara ring dan kaki burung, maka pasangkan melingkar saja plester di bagian atas dan bawah ring.


Langkah berikutnya adalah pegang burung dan letakkan kaki burung pada jari kita dengan posisi sedemikian rupa sehingga bagian ring menghadap ke posisi paling mudah bagi kita untuk menggeser-geserkan kikir.


Geser-geserkan kikir searah kaki burung (arah menyilang/potong ring) pada bagian yang sudah kita pilih. Lakukan hal itu tidak secara marathon. Artinya, kalau dalam waktu satu menit ring belum putus, berhenti dulu. Kalau Anda lanjutkan, bisa2 kaki burung jadi setengah matang karena ring yang digesek kikir terus-menerus akan menjadi panas. Kalau perlu, tetesi ring dengan air. Setelah dingin, lanjutkan lagi gesek kikirnya.


Setelah satu sisi ring putus, lakukan hal yang sama untuk sisi sebaliknya. Sebab, kalau yang putus hanya satu sisi, tetap saja tidak akan bisa dibuka dengan mudah dengan tang atau alat apapun tanpa menimbulkan risiko besar tergoresnya kaki burung atau pecahnya tulang kaki burung.


Nah setelah satu sisi lain putus, ya sudah, lepaslah ring dari kaki burung.


Sepertinya masalah memotong ring di kaki burung adalah permasalahn sepele. Tetapi jika Anda tidak tahu caranya, atau sekadar mengira-ngira saja cara memotongnya, ya tidak mengherankan kalau akan timbul risiko yang sangat tidak kita harapkan.